Monday, December 23, 2013

Sepenggal 'Pendahuluan' di LPJ KAB




Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaykum warahmatullai wabarakatuh
            Puji syukur senantiasa tercurahkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan banyak nikmat sehat, nikmat waktu, nikmat pertemuan, nikmat kedamaian, dan nikmat ilmu, serta nikmat iman. Kepada-Nya kami bersandar, kepada-Nya kami terkuatkan, dan kepada-Nya kami kembalikan semua urusan dunia dan akhirat. Syukur yang tidak bisa kami bendung Ya Rabb, bahwa kami ditakdirkan untuk berjalan di jalan yang agung ini, skenario kami telah Engkau tautkan pada cerita-cerita sederhana tentang KAB, dibersamai dengan orang-orang seperjuangan yang juga terkuatkan karena-Mu.
Tidak lupa marilah kita bersholawat, kepada penerjemah firman terindah-Mu, kepada yang membumikan ayat-ayat-Mu, kepada Rasulullah Sholallohu’alaihi wassalam. Semoga kelak, safa’at beliau terpecikkan pula kepada kita para pengikutnya di akhir zaman. Allahumma aamiin.
Sudah satu tahun berjuang bersama kalian semua. Semua bagian yang tak bisa saya pisahkan satu-persatu. Terimakasih yang begitu mendalam untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amanah ini memberikan banyak pembelajaran yang dulu begitu abstrak dan sekarang paling tidak saya bisa menggulungnya lebih rapi, menata, memperbaiki, dan menghasilkan karya. Allah, sungguh satu tahun ini saya bertahan untuk-Mu, karena-Mu, dan oleh-Mu.
Terimakasih pula untuk makhluk terbaik yang sangat saya rindukan. Begitu banyak saya belajar tentang semangat membina dan kaderisasi dari beliau Rasululloh, tentang kuantitas dan kualitas rekruitmen pada shirah bagian bai’at aqabah. Sungguh, shirah tentang bai’at aqabah pertama hingga terakhir selalu mengharu biru, selalu menjadi lecutan disaat saya mulai malas untuk sekedar menyapa mereka. Engkau adalah sebaik-baiknya teladan kami.
Terimakasih kepada bapak, ibu, dan simbah, yang selalu tersenyum walaupun Nungki seringkali pulang malam, yang masih rela membukanan pintu rumah mesti jam malam perempuan sudah terlewati. Sungguh, maafkan Nungki jikalau birrul walidain itu hanya sebatas menunjukkan kalau Nungki tak lelah karena Nungki sangat tahu yang membuat Bapak dan Ibu sedih adalah ketika Nungki sakit.
Terimakasih juga kepada kakak-kakakku (Bapak Ketua dan Ibu Sekjen) yang luar biasa, Mas Dhika, Mbak Hani. Disaat saya mulai lelah, sungguh itu sangat tidak pantas karena ada yang lebih lelah dari saya Maaf, akhir-akhir ini terlalu merepotkan kalian, mungkin juga sejak awal. Tapi Nungki bersyukur, Allah mempertemukan kita di kesempatan yang baik. Kelak, biar Allah yang menjaga semuanya. Kalau kata Bang Tere, bagi orang-orang yang penuh rasa sabar seperti kalian, apa-apa yang dia biarkan pergi, segala sesuatu yang dia lepaskan, ikhlas, tulus, maka akan datang pengganti yang lebih baginya. Selalu begitu. Tidak akan keliru. Tentu, pasti akan ada pengganti yang lebih baik untuk KAB.
Terimakasih juga kepada saudara-saudaraku di PH KAB. Muthi, Fardila, Astri, Putri, Restu, Aam, Jadid, Yusron, Ria. Seandainya kalian tau, betapa kehadiran dan kelengkapan kalian selalu dirindukan adik-adik. Seandainya kalian tahu, kelengkapan kalian lebih dirindukan dari agenda besar apapun di KAB. Iya, kalian harus tahu, betapa seringnya adik-adik staf kalian menanyakan tentang kalian satu-persatu sampai saya tidak tahu, pantaskah alasan-alasan yang sering kita lontarkan itu diterima sebagai alasan kita ijin dibanding dengan pengorbanan kehadiran adik-adik. Maaf, telah membuat kalian kerepotan dengan kehadiran saya, membuat kalian harus juga bekerja keras mempelajari kaderisasi di departemen kalian. Tapi, justru kerepotan kalian mengadakan ini itu yang sangat saya rindukan. Kelak, biar Allah juga yang mempertemukan kita pada suatu cerita yang lebih baik hingga bertemu itu sudah mengobati semua luka yang pernah tergurat. Terakhir, menurutku; ‘ditemukan’ itu ketenangan, ‘menemukan’ itu kebanggaan. Tapi ‘dipertemukan’ itu ketenangan yang membanggakan.. khususnya dipertemukan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan itulah kalian, dipertemukan dengan kalian adalah ketenangan yang membanggakan.
Terimakasih untuk pasukan PSDM. Iya, kalian. Betapa bersyukurnya Allah mempertemukan kita dalam-dalam. Untuk agen 2012, Eli, Kartika, Aris, Pingkan, Yuda, Alif, Fatimah, Tantri, Ajeng, Tasya, Pustika, dan satu staff ahliku Mala. Satu tahun ini tentu Mbak memberatkan kalian, membebani kalian dengan hal-hal aneh ke-PSDMan. Tapi sungguh, melihat kalian menjadi lebih baik itu yang membahagiakan mbak, maaf jika cara yang mbak pakai tidak tepat. Maaf untuk waktu pertemuan yang mendadak, maaf untuk ketidakaturan agenda-agenda PSDM sehingga semua tidak sesuai dengan ekspektasi kalian, maaf untuk semuanya. Maaf. Maaf. Maaf. Dan tentunya Allah tidak pernah memberikan sembarang orang untuk dipertemukan dengan kita, semoga tidak ada penyesalan telah dipertemukan di PSDM KAB 2013. Untuk adik-adikku 2013, Ade, Fivy, Nella, Ita, dan Wirda, serta Puput. Mbak titip PSDM ya, baik-baiklah disini. Sungguh, suatu kebanggaan bisa bertemu dan berjuang bersisian dengan para semangat pembaharu di PSDM. Memang benar nyatanya bahwa pertemuan dan perpisahan bukan segalanya. Namun segalanya adalah hal-hal yang ada diantara keduanya dan satu tahun ini bersama kalian adalah segalanya.
Terimakasih untuk punggawa KAB 2013 dan 2012. Betapa bersyukurya Mbak, Allah menautkan skenario kita pada cerita-cerita dan pertemuan singkat di KAB. Maaf jika Mbak banyak memaksa kalian mengikuti ini itu, meng-sms kalian untuk mengisi form, dan semua agenda-agenda PSDM yang sangat monoton. Maaf, ada banyak hak yang tidak terpenuhi, ada sms yang tak berbalas, atau cerita yang tak berakhirkan solusi. Semua tentu kesalahan Mbak, jadi disini biarkan Mbak meminta maaf atas segala khilaf. Sungguh, binar semangat di mata kalian, itulah yang Mbak rindukan akhir-akhir ini. Dimanakah kalian menyimpannya? Dimanapun kalian, tetaplah berjuang dengan integritas kalian sebagai mahasiswa yang berpihak pada rakyat. Dimanapun kalian, kadang kembalilah di rumah ini. Bagaimanapun ini rumah kalian, selelah apapun kalian berjuang kau boleh sejenak beristirahat di rumah ini. Sangat boleh.
Terimakasih juga teruntuk kakak-kakak DFPO atas kerja kerasnya meluangkan waktu membersamai kami ditengah-tengah agenda akhir semester yang padat, semoga berkah untuk Mbak Citra, Mbak Nafik, Mas Ari, dan Pak Menteri, Mas Riza. Betapa luar biasanya pernah berjuang di KAB 2012 bersama kakak semua.
Terimakasih juga untuk Mbak Nisa, Mbak Citra, dan Mala, serta saudariku semua yang disaat semua sms tentang deadline amanah ini dan itu, kalian lah yang selalu mengingatkan tentang kesehatan, menanyakan kabar hafalan, amalan, dan semuanya. Aku rindu menulis surat bersama di Balairung. Semoga Allah bisa mempertemukan kita di amanah-amanah lainnya kelak. Dan suatu hari nanti, ijinkan rindu ini tuk berpesta, merayakan sebuah pertemuan yang telah lama dinanti.
Terimakasih juga teruntuk semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Betapa inginnya saya menyebut kalian disini, tapi biarkan doa yang berkata-kata. Siapapun kalian yang telah menjadi bagian dari cerita ini, sungguh terimakasih yang tidak terhingga. Semoga Allah menjaga kita semua. Allahumma aamin.
Laporan Pertanggungjawaban ini tentunya saya persembahkan untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, untuk Rasululloh SAW, tuntuk bapak ibu, keluarga KAB, Fakultas Pertanian, UGM, dan untuk Indonesia-ku. Laporan ini dibuat dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dijadikan sebagai acuan gerak PSDM dan KAB tahun depan serta menjadi bentuk tanggung jawab atas limpahan amanah satu tahun yang lalu. Semoga pertanggungjawaban ini bukan hanya nantinya dapat diterima di dunia, namun juga di akhirat kelak.
PSDM merupakan salah satu departemen yang memiliki posisi strategis dan vital di dalam suatu lembaga karena berkaitan erat dengan keberlanjutan lembaga dengan sistem kaderisasi. Tugas PSDM secara singkat dapat dikatakan dengan creating people. Dalam menjalankan perannya PSDM memiliki 7 fungsi yaitu pendataan...

_____________________________________________________________________

*KAB merupakan salah satu lembaga resmi di Fakultas Pertanian UGM. KAB juga merupakan kelompok studi fakultas, semacam KIR kalau di SMA. Tahun ini, memag sangat fokus di KAB sebagai Kepala Departemen PSDM. Alhamdulillah, selesai sudah amanah ini, LPJ diterima dengan nilai A (88).. Semoga juga diterima di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allahumma aamiin..

1 comment:

  1. Assalamu'alaykum ..barakallah semoga menjadikan pembelajaran yang luar biasa :). dan lebih bermanfaat di amanah-amanah yang lain :)

    - untuk teman satu angkatan yang luar biasa-

    ReplyDelete