Thursday, July 26, 2012

Tahun Pertama (SOIL 2011)

Bismillah,



Satu tahun lalu, mungkin sudah lupa bagaimana satu-persatu dari kita berkenalan tepatnya untuk waktu, tempat, dan cara sederhana itu. Berjabat tangan untuk yang menjabat tangan, ucap sapa untuk yang saling menyapa, ketidaksengajaan untuk yang memang tidak sengaja mengenalnya. Aku sudah lupa, tepatnya waktu, tempat dan cara perkenalan kita yang sederhana. Tapi semua begitu cepat mengalir, berketepatan dengan setiap takdir-Nya.. Tepat sekali, sungguh tepat sekali untuk detik, menit, jam, tempat bahkan cara sederhananya.



Tahun pertama. Tidak semudah cara kita berkenalan. Setiap pertemuan yang ada dimaknai akan gejolak rasa yang menduga-duga. Tuhan sangat adil, semua dipersatukan dalam keberagaman prinsip, dalam perbedaan keputusan, dan dalam perbedaan penyikapan hidup. Tapi kalian luar biasa, bahkan yang ‘seaneh’ diriku kalian tetap tahu bagaimana menempatkanku dan menghormatiku dengan segala ‘keanehanku’.  Sekali lagi kalian luar biasa, dengan segala bakat dan keberagaman itu, kalian menghormati teman satu dengan yang lain, merangkul untuk yang kemudian berceceran di jalan perjuangan, menariknya kembali untuk kemudian berjuang bersama.

Tahun pertama. Dengan segala kelupaanku tentang cara perkenalan kita, dengan segala kekhilafan saat berucap sapa yang tak pantas, dengan segala prinsipku yang orang bilang aneh, aku mengenal kalian dengan celupan warna yang berbeda. Hari ini semakin tau, bahwa kita berketepatan dipertemukan, bukan karena kebetulan. Biarlah seperti itu di tahun pertama, dengan kesetengahan perjuangan, dengan keyakinan yang belum terasah baik, biarkan seperti ini. Bahwa hidup ada proses.

Tahun kedua. Berharap kalian menggenapkan semangat, mengambilnya dari rantauan untuk menjadi amunisi di tahun kedua. Karena doa orang tua selalu ada disetiap perjuangan di tanah Jogja. Selamat pulang kampung yang alhamdulillah masih punya kampung. Selamat mencuri semangat untuk menggenapkan perjuanagn di tahun kedua. Semoga Tanah 2011 tetap viva soil solid!!

Salam (26/7/2012) di sudut kecil kamar..

2 comments: