Tuesday, February 7, 2012

Waktu Luang, Luangkanlah untuk..

Assalamu'alaykum wr wb






Waktu luang. Sedikit keheranan mengapa akhir-akhir begitu menakutkan mendengar kata-kata itu. Ya, waktu luang, seberapa bijak kau menggunakan itu sebagai hak yang dianugrahkan Allah padamu. Bukannya bagaimana-bagaimana, tapi aku takut ketika kemarin dipenuhi dengan kegiatan yang padat merayap dan semoga berkah, tiba-tiba esok dihadapkan pada waktu luang. Benar, seharusnya aku bersyukur karena mungkin itu bisa aku gunakan sebagai hak badan untuk beristirahat. Tapi, apakah tidak merugi jika ternyata hari kemarin lebih baik daripada hari ini?


Wal 'asyr. Demi masa. Terngiang-ngiang begitu saja surat pendek itu. Begitu apiknya dilantunkan oleh grup nasyid Raihan, seperti menyentil si hati yang tertunduk lesu pada waktu luang. Kau takut? Sama. Akankah kita merajut hari esok lebih baik dari hari kemarin? Ah manusia, kau bukan apa-apa. Begitu mudahnya terperangkap pada perangai dunia yang menggebyar-gebyar. Itulah tipuan dan ternyata surga hanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak tertipu oleh perangai dunia. Aku berusaha, fastabiqul khairat dengan teman-teman seperjuangan: laskar surga!


Ya, waktu luang, sekali lagi amat mengerikan bagi mereka yang menyia-nyiakannya untuk tertipu daya pada perangai dunia. Tapi, ia akan menjadi yang hening bening jika waktu luang kita luangkan untuk mereka yang kita sayangi. Waktu luang, betapa indahnya jika berkerabat erat dengan menjaga silaturahmi melalui rajutan iman, berbagi melalui luapan ilmu, menulis melalui tinta dakwah, dan menasihati melalui tutur kata yang beraroma surga. Aku suka!


Hmm, jadi ingat folder 'renungan' yang diberi teman waktu SMA dulu. Kata-kata ini, ah begitu apik untuk sekedar dibaca. Terimakasih untuk 'folder renungan' nya kawan, insyaALLAH akan menjadi titik balik dari fluktuasi iman yang kadang merosot dan menukik tajam ke bawah.


Take time to quiet, it is the opportunity to seek Allah 
Take time to be aware, it is the opportunity to help others 
Take time to love and be loved, it is God’s great gift 
Take time to dream, it is what the future is made of 
Take time to pray, it is the greatest power on the earth


Ketika kau mempunyai waktu luang, maka luangkanlah waktu luangmu untuk hal-hal yang mermakna dan menggugah jiwa.  semisal, jika berbagi dengan seorang ibu adalah wujud kebaktianmu, maka gunakanlah waktu luangmu untuk kamu luangkan pada seorang wanita pendaran surga: IBU. Berbagi dengan ibu, kadang menjadi hal kecil, namun justru akan lebih membekas, menggores bahkan melekat dan bersatu dengan si hati. Itulah hal kecil namun bermakna bersama si waktu luang yang diluangkan. Mari berperang dengan si waktu luang, akan kau jadikan apa hari ini bersamanya kawan?


Wassalamu'alaykum wr wb


Ditulis: ketika ada si waktu luang dan meluangkan untuk berbagi.

No comments:

Post a Comment